Vessel Monitoring System ( Tracking Kapal )

Ekosistem Alat Pelacakan Kapal

Vessel Monitoring System atau alat pelacakan kapal merupakan sebuah system yang membantu pemilik kapal atau asset dapat mengetahui posisi dari kapal yang mereka miliki. System ini terdiri dari beberapa komponen yaitu :
– Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat tracking ini yang nantinya akan dipasang di kapal berfungsi untuk mendapatkan posisi kapal dari sattelite GPS. Perangkat VMS banyak jenis dan fiturnya, selain posisi GPS ada yang bisa digunakan untuk mengirim pesan, mengirim pesan darurat, melakukan panggilan, mengirim data ataupun mengakses internet.
– Koneksi Satelit
Selain perangkat yang terpasang dikapal sistem pelacakan kapal juga membutuhkan koneksi untuk mengirim data yang diterima perangkat ke server. Koneksi satelit juga dapat digunakan untuk komunikasi dua arah (two way communication). Seperti melakukan panggilan, mengirim pesan atau data, dan mengakses internet.
– Platform Monitoring ( Aplikasi )
Aplikasi ini yang nantinya dapat diakses oleh pemilik kapal ataupun pengurus kapal untuk memantau data yang dikirim perangkat keserver. Data yang di terima berupa titik koordinat, heading, speed ataupun data lainnya. Platform monitoring juga memiliki banyak fitur seperti geofence, e log book, perhitungan jarak, driver behavior dan masih banyak lagi.

Manfaat Tracking Kapal ( Vessel Monitoring System )

Dari ketiga komponen diatas sebuah VMS baru bisa berfungsi dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Banyak studi kasus yang dapat dibantu dengan adanya VMS ini diantaranya :

1. Mengetahui posisi kapal

Ketika kapal berlayar ketengah laut atau beroperasi, para pemilik kapal tidak dapat mengetahui dimana posisi kapalnya secara akurat. Dengan adanya tracking kapal thuraya marinestar para pemilik ataupun pengurus kapal yang berada di darat dapat mengetahui dengan mudah dimana posisi kapalnya berada. Dengan demikian akan tercipta rasa aman dan tenang karena setiap saat anda dapat mengetahui dimana asset anda berada.

Bisa dibayangkan jika anda mengirim barang yang memiliki nilai jual tinggi dan anda mengirimnya dengan menggunakan kapal laut, ketika perjalan anda akan merasa was was karena tidak dapat mengetahui dimana posisi barang berharga yang sedang anda kirim. Adanya tracking kapal dapat membuat pikiran anda menjadi tenang dan secara realtime anda dapat memantau proses pengiriman barang tersebut.

2. Mengetahui kecepatan kapal

3. Mengetahui history perjalan

4. Menghitung jarak tempuh

5. Memperkirakan waktu perjalanan

6. Mengetahui kebiasaan pengemudi kapal

7. Mengetahui cuaca dan kedalaman laut di lokasi kapal

8. Komunikasi dengan awak kapal

9. E-log book

10. Geofence (pagar digital) berfungsi untuk membatasi area berlayar kapal dan masih banyak lagi.

Tidak semua perangkat tracking kapal memiliki semua fitur diatas. Untuk mendapatkan semua fitur diatas anda dapat mendapatkan perangkat dan aplikasi platform monitoring di arlintas.com. Bukan hanya itu VMS yang kami jual juga dapat anda gunakan untuk melakukan panggilan telepon dan berkirim pesan. Bayak fungsi dalam satu perangkat untuk membantu operasional kapal anda.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

19 − seven =