Pentingnya Nomor MMSI AIS kapal
Contoh Sertifikat nomor MMSI

Pemilik kapal diwajibkan untuk melengkapi armada kapal mereka menggunakan AIS baik class A maupun AIS class B, sesuai dengan peraturan yang tertulis di PM7 tahun 2019. Alat transponder ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan berlayar dan mengatur lalu lintas kapal. AIS yang tepasang harus memiliki nomor MMSI (Maritime Mobile Services Identities).

Apa Fungsi Nomor MMSI

Menurut wikipedia Maritime Mobile Service Identity (MMSI) adalah rangkaian sembilan digit yang dikirim dalam bentuk digital melalui saluran frekuensi radio untuk mengidentifikasi stasiun radio kapal, stasiun bumi kapal, stasiun radio pantai, stasiun bumi pantai, dan panggilan grup secara uniik. Kode ini dibentuk sedemikian rupa sehingga seluruh atau sebagian nomornya dapat dihubungi via telepon dan telex yang terhubung ke jaringan telekomunikasi umum untuk memanggil kapal secara otomatis.

Setiap kapal memiliki no MMSI yang berbeda beda, karena di dalam sembilan digit nomor tersebut memiliki arti khusus dengan tujuan untuk mengindentifikasi dari masing masing kapal sesuai dengan pemilik MMSI tersebut. Karena itulah nomor MMSI menjadi penting dan perlu di perhatikan sebelum anda membeli dan memasang AIS dikapal.

Kesalahan Mememasukan MMSI

Dalam melakukan instalasi AIS anda harus memasukkan kode MMSI dengan benar. Jangan input sembarangan karena ini akan menjadi no identitas kapal anda. Jika anda memasukkan no asal asalan atau anda memasukkan no MMSI kapal lain hal ini akan merugikan anda kedepannya. Akan terjadi duplikat 2 MMSI digunakan oleh lebih dari 1 kapal yang membuat kapal anda dikenal dengan identitas pemilik MMSI yang anda masukkan ke dalam AIS.

Langkah Langkah jika salah memasukkan No MMSI

Jika anda sudah terlanjur salah input no MMSI anda dapat melakukan setting ulang AIS yang terpasang. Input sesuai dengan nomor yang anda miliki. Untuk cara mendapatkan MMSI kapal anda dapat mengikuti langkah langkah yang ada di artikel cara daftar mmsi.

Tidak semua AIS dapat reset dan mengganti no MMSI dengan mudah, karena ada produk tertentu jika salah memasukkan data static kapal, anda harus membawa ke penjual untuk dilakukan pengaturan pabrik atau reset ulang. Hal tersebut sangat merepotkan jika AIS yang anda beli sudah terpasang di kapal dan berada ditengah laut. Untuk itu berhati hatilah dalam memasukkan nomor MMSI AIS, karena jika penjual tidak dapat dihubungi atau lepas tangan anda harus membeli AIS baru.

Untuk bantuan anda dapat menghubungi teknisi kami dan konsultasikan masalah dan kondisi yang dialami.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

seventeen + 8 =